SEGMENTATION, TARGETING, And POSITIONING
SEGMENTATION
Proses membagi pasar menurut kelompok pembeli yang dibedakan menurut kebutuhan, karakteristik, perilaku konsumen, yang membutuhkan produk yang berbeda.
3 Strategi Diferensiasi pasar :
- Tanpa pembedaan ( tidak melihat jenis kelamin, usia, pekerjaan, dan lain-lain )
- Melakukan pembedaan
- Terfokus ( kelompok mana yang akan menjadi sasaran )
- Besar pasar ( berapa banyak pembeli yang akan datang )
- Daya beli konsumen
- Perbedaan
- Pesaing ( bagaimana produknya, bagaimana strategi pemasarannya, dan lain-lain )
- Keterjangakuan ( bisa atau tidak sih produk kita sampai pada tujuan )
- SDM ( orang yang melayani, serta yang memproduksi )
- Segmentasi demografis ( gender, usia, ukuran keluarga )
- Segmentasi sosio ekonomis ( pendapatan, pendidikan, kelas sosial, etnik )
- Segmentasi psikografis ( perilaku, gaya hidup )
- Segmentasi geografis ( lingkup pasar, iklim, kepadatan penduduk )
- Segmentasi benefits ( alasan utama, manfaat apa sih yang kita peroleh )
- Segmentasi penggunaan ( heavy users, medium users, occasional users, non-users )
Proses memutuskan pasar mana yang akan dilayani, melakukan seleksi pasar sasaran.
- Pasar sasaran merupakan kimpulan dengan pembeli dengan kebutuhan atau karakteristik serupa yang akan dilayani
3 Strategi yang dipilih yaitu tanpa pembedaan, ada pembedaan, dan terfokus.
Apa yang perlu difikirkan?
- Sumber daya perusahaan
- Variabilitas produk ( warna, kemasannya, dll )
- Tahapan produk dalam daur hidup
- Variabilitas pasar
- Strategi pesaing
Proses membedakan prosuk jasa dibandingkan dengan pesaing, serta terkait dengan apa yang akan dilakukan terhadap pikiran dan keinginan konsumen.
Tiga Langkah Positioning
- Mengenali keunggulan yang mungkin dapat ditampilkan
- Memilih keunggulan yang paling kuat
- Menyampaikan keunggulan secara efektif kepada target pasar
- Under Positioning ( konsumen tak mengenal keunggulan produk )
- Over positioning ( konsumen mempunyai gambaran minimal keunggulan produk )
- Confused positioning ( konsumen tak merasa pasti, atau banyak janji )
- Douubtful positioning ( ada keraguan konsumen terhadap kualitas produk )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar