Selasa, 04 Maret 2014

SEGMENTATION, TARGETING, And  POSITIONING


SEGMENTATION

Proses membagi pasar menurut kelompok pembeli yang dibedakan menurut kebutuhan, karakteristik, perilaku konsumen, yang membutuhkan produk yang berbeda.
3 Strategi Diferensiasi pasar :
  1. Tanpa pembedaan ( tidak melihat jenis kelamin, usia, pekerjaan, dan lain-lain )
  2. Melakukan pembedaan
  3. Terfokus ( kelompok mana yang akan menjadi sasaran )
Lakukan Marketing Research ( untuk mengetahui )
  1. Besar pasar ( berapa banyak pembeli yang akan datang )
  2. Daya beli konsumen
  3. Perbedaan
  4. Pesaing ( bagaimana produknya, bagaimana strategi pemasarannya, dan lain-lain )
  5. Keterjangakuan ( bisa atau tidak sih produk kita sampai pada tujuan )
  6. SDM ( orang yang melayani, serta yang memproduksi )
Macam-macam Segmentasi
  1. Segmentasi demografis ( gender, usia, ukuran keluarga )
  2. Segmentasi sosio ekonomis ( pendapatan, pendidikan, kelas sosial, etnik )
  3. Segmentasi psikografis ( perilaku, gaya hidup )
  4. Segmentasi geografis ( lingkup pasar, iklim, kepadatan penduduk )
  5. Segmentasi benefits ( alasan utama, manfaat apa sih yang kita peroleh )
  6. Segmentasi penggunaan ( heavy users, medium users, occasional users, non-users )
TARGETING
 Proses memutuskan pasar mana yang akan dilayani, melakukan seleksi pasar sasaran.
- Pasar sasaran merupakan kimpulan dengan pembeli dengan kebutuhan atau karakteristik serupa yang akan dilayani
3 Strategi yang dipilih yaitu tanpa pembedaan, ada pembedaan, dan terfokus.

Apa yang perlu difikirkan?
  1. Sumber daya perusahaan
  2. Variabilitas produk ( warna, kemasannya, dll )
  3. Tahapan produk dalam daur hidup
  4. Variabilitas pasar
  5. Strategi pesaing
POSITIONING
Proses membedakan prosuk jasa dibandingkan dengan pesaing, serta terkait dengan apa yang akan dilakukan terhadap pikiran dan keinginan konsumen.

Tiga Langkah Positioning
  1. Mengenali keunggulan yang mungkin dapat ditampilkan
  2. Memilih keunggulan yang paling kuat
  3. Menyampaikan keunggulan secara efektif kepada target pasar
Positioning yang salah
  1. Under Positioning ( konsumen tak mengenal keunggulan produk )
  2. Over positioning ( konsumen mempunyai gambaran minimal keunggulan produk )
  3. Confused positioning ( konsumen tak merasa pasti, atau banyak janji )
  4. Douubtful positioning ( ada keraguan konsumen terhadap kualitas produk )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar