Sabtu, 17 Mei 2014

Kuliah Umum " MEMBANGUN KEWIRAUSAHAAN PENDIDIKAN "

Pada tanggal 14 Mei 2014 jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universtas Negeri Jakarta mengadakan kuliah umum dengan tema " Membangun Kewirausahaan Pendidikan" bertempat di gedung Sertifikasi Guru Universitas Negeri Jakarta, dengan narasumber Dr. Ir. Haidar Bagir, M.A.



Pada kuliah umum ini yang saya tangkap adalah adanya perbedaan antara tema dari kuliah umum dengan apa yang Narasumber presentasikan. Akan tetapi diahir kuliah umum ada beberapa tips-tips yang diutarakan oleh narasumber terkait kewirausahaan pendidikan.
Menurut beliau hak yang paling sulit atau pekerjaan paling sulit adalah dibidang pendidikan, dengan tanpa rasa kecintaan dan komitmen dalam mengelola pendidikan maka pengelolaan pendidikan tersebut ccenderung akan berantakan, atau bisa dibilang akan gagal. Didalam menajukan dan mengembangkan Dunia Pendidikan dibutuhkan adanya inventor-inventor didalam pendidikan, bukan seorang peniru dimana dengan adanya inventor-inventor ini akan memunculkan ide-ide atau gagasan-gagasan baru terkait pendidikan guna memperbaiki kesalahan-kesalahan yang ada pada sistem pendidikan sebelumnya. Beliau mengatakan ada beberapa faktor-faktor yang mendukung akan keberhasilan atau kemajuan suatu pendidikan, diantaranya :
  1. Dukungan Pemerintah
  2. Kepercayaan dari orang tua
  3. Passion dari seorang guru
Beliau juga sempat mengatakan tidak hanya seorang guru yang harus menjadi teladan bagi anak murid atau siswanya, tetapi OB, Satpam, dan tenaga kependidikan lainnya juga wajib menjadi seorang teladan bagi para siswa atau anak didiknya. Mengapa bisa demikian? Karena mereka adalah suatu sistem, satu kesatuan yang saling mendukung satu dengan yang lainnya.

Selain itu juga beliau menjelaskan bahwa Pekerjaan Guru sebagai Wujud Passion, dimana guru itu memiliki arti pengusir kegelapan dan kebodohan, serta orang yang mengungkapkan sasaran kepada peserta didiknya.


Sebelum berakhirnya kuliah umum, beliau  sempat memberikan tips tips untuk sukses berwirausaha:
  1. mendapatkan kepercayaan dari orang (harus bersikap jujur, dan kita harus memikirkan orang lain juga)
  2. mempunyai self confidence
  3. mempunyai kemampuan berkomunikasi dengan baik
  4. tidak puas dengan hasil yang ia terima tetapi ingin terus belajar
  5. mempunyai mimpi yang besar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar