Senin, 26 Mei 2014

PROMOSI ATAU KOMUNIKASI 
PEMASARAN

Apa yang dimaksud dengan periklanan atau advertising? Advertising adalah semua bentuk terbayar atas presentasi non pribadi dan promosi ide, barang atau jasa oleh sponsor yang jelas. Dalam mengembangkan proram iklan, manajer perusahaan harus selalu mulai dengan mengidentifikasi pasar sasaran dan motif pembeli, lalu menggunakan lima keputusan utama (5 M).

APA SAJA ITU 5M?
  1. Mission atau tujuan
  2. Money atau uang
  3. Message atau pesan
  4. Media
  5. Measurement atau pengukuran
  • Mengembangkan dan Mengelola Program Iklan
a.   Menentukan Tujuan
Yakni tugas komunikasi khusus dan tingkat pencapaian yang harus dicapai dengan pemias tertentu dalam jangka waktu tertentu.
Tujuan iklan antara lain :
-    Iklan persuasif
-    Iklan remembering, dll.
b.   Memutuskan Anggaran Iklan
c.   Mengembangkan Kampanye Iklan  --> periklanan selalu mencari “ide hebat” yang = menghubungkan merk dan konsumen secara rasional dan emosional, membedakan merek dari pesaing dengan tajam, cukup luas dan fleksibel untuk diterjemahkan ke dalam berbagai media, pasar dan periode waktu.
Iklan = televisi, media cetak, radio.
Masalah hukum dan sosial = pengiklan tdk boleh membuat pernyataan yg salah, menipu, tak boleh menyerang masyarakat umum dan kelompok etnis, ras, dll.
  • Memutuskan media dan mengakui efektivitas
  • Memutuskan jangkauan, frekuensi, dan dampak
  • Memilih jenis media utama
  •  Alternatif opsi iklan
a.       Iklan tempat : papan iklan, ruang publik seperti pesawat terbang
b.      penempatan produk yakni dalam film atau acara TV atau dalam bentuk Advertorial
c.       titik pembelian : yakni iklan dalam toko seperti di kereta belanja, lorong dan rak.
  • Memilih sarana media khusus
                 a. sirkulasi
                 b. pemirsa
                 c. pemirsa efektif
  • Menentukan penentuan waktu dan alokasi media
  • Promosi penjualan





Tidak ada komentar:

Posting Komentar