Sabtu, 22 November 2014

TIME VALUE OF MONEY


Konsep nilai waktu uang (time value of money) merupakan suatu pemikiran yang didasarkan atas perhitungan bahwa nilai uang yang diterima saat ini lebih berharga daripada diterima hari esok atau yang akan datang. Sehubungan dengan nilai waktu uang, dikenal dua istilah penting yaitu diskonto (discounting) dan pemajemukan atau pertumbuhan (compounding). Discounting atau perhitungan nilai sekarang (present value) menghitung nilai uang yang akan datang berdasarkan nilai uang itu sekarang. Sedangkan compounding atau pemajemukan adalah menghitung nilai uang yang akan diterima pada masa mendatang berdasarkan bunga berganda atas nilai uang pada saat ini. Kedua istilah ini walaupun berbeda namun memiliki keterkaitan penting dan akan banyak digunakan dalam manajemen keuangan kaitannya perhitungan nilai uang baik yang bersifat present value maupun future value.
  • Nilai Masa Depan (Future Value)
Adalah nilai uang dimasa yang akan datang dari uang yang diterima atau dibayarkan pada masa sekarang dengan memperhitungkan tingkat bunga setiap periode selama jangka waktu tertentu. Rumusnya:  
FV =P (1+i)n


FV   : Nilai pada masa yang akan datang               Po: Nilai pada saat ini
I      : Tingkat suku bunga                                       N : Jangka Waktu
Bila kita menyimpan uang di bank kadang-kadang pembayaran bunga tidak dibayarkan sekali dalam setahun, kadang-kadang dua kali dalam setahun, 4 kali setahun, atau bahkan bunga dibayarkan setiap bulan (12 kali setahun). Bila pembayaran  bunga setahun dibayarkan sebanyak m kali, maka nilai yang akan datang bisa  kita rumuskan sebagai berikut:
 
FVn =Po (1+i/m)m.n



  • Nilai Hari Ini (Present Value)
Bahwa pada keputusan investasi penerimaan-penerimaan untuk menutup investasi akan diterima di masa yang akan datang. Penerimaan-penerimaan tersebut tidak bisa diperbandingkan dengan dengan nilai investasi saat ini, sehingga tidak bisa diperbandingkan nilai sekarang dengan masa yang akan datang. Oleh karena itu, penerimaan-penerimaan harus dijadikan nilai sekarang untuk dibandingkan dengan nilai investasinya. Untuk mencari nilai sekarang dari penerimaan yang akan datang, maka perlu mempertimbangkan suku bunga atau return yang diharapkan. Rumus:

 
PVn  atau Po =Cn/ (1+r)n              atau                      PVn  atau Po =Cn  
  • Anuitas
Adalah rangkaian/seri pembayaran atau penerimaan uang yang jumlahnya, periode serta tingkat bunganya sama selama jangka waktu tertentu. Annuity dapat dihitung menggunakan konsep future value annuity dan present value annuity.
·         Future Value Annuity
Adalah suatu hal yang dimanfaatkan untuk mencari nilai dari suatu penjumlahan tahun yang akan datang dari jumlah yang diterima sekarang pada waktu yang sudah ditentukan atau dengan kata lain penjumlahan dari future value. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini.
·         Present Value Annuity
Adalah suatu bilangan yang dapat dimanfaatkan untuk mencari nilai sekarang dari suatu penjumlahan yang diterima setiap akhir periode pada jangka waktu tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar