Selasa, 18 Februari 2014

KONSEP DASAR JASA


Jasa merupakan semua aktivitas ekonomi yang semua keluarannya bukan berbentuk produk atau tidak tampak secara fisik yang secara umum jasa dikonsumsi bersamaan dengan proses produksi. Kualitas didukung oleh adanya interaksi antara konsumen dengan produsen, dimana hal itu menjadikan nilai tambah ( kenyamanan, hiburan, merasa sehat ).

Selain itu juga jasa merupakan kegiatan atau manfaat yang disediakan satu kelompok untuk orang lain yang tidak bisa dilihat ( intangible ). Produksi bisa jadi dan juga bisa tidak jadi berhubungan dengan bentuk fisik.

KARAKTERISTIK JASA
  1. Intangibility :
    - tidak dapat dirasa, diraba, dicium, didengar sebelum jasa itu dibeli (menggambarkan kinerja).
    - pelanggan membeli jasa, bisa dikonsumsi tapi tidak bisa dimiliki.
    - kualitas nampak pada tempat, orang, bahan, serta harga dan simbol.
    - tugas penyedia jasa yaitu memanage bukti fakta, serta mengkokritkan apa yang abstrak.
  2. Inseparability
    - jasa dijual dulu, diproduksi dan dikonsumsi secara bersamaan.
    - interaksi antara penyedia dan pelanggan jasa mempengaruhi hasil jasa.
    - kunci sukses pada kualitas penyedia dan keterlibatan pelanggan.
    - fasilitas pendukung dan pemilihan lokasi menjadi pertimbangan utama pelanggan.
  3. Variability
    - bentuknya tidak standar (bervariasi bentuk, kualitas, dan jenis).
    - penyebabnya yaitu kerjasama pelanggan, motivasi penyedia layanan, beban kerja perusahaan.
    - upaya menjaga kualitas jasa yaitu investasi personil, standarisasi proses, serta memantau     kepuasan pelanggan.
    - costumization atau desain kebutuhuan pelanggan.
  4. Perishability
    - tidak tahan lama, tidak dapat disimpan.
    - bisa disimpan dalam bentuk reservasi.
    - permintaan pelanggan bervariasi dipengaruhi oleh musim.

KUNCI SUKSES JASA
  1. Adanya proses pembaharuan.
  2. Posisinya strategis, orang akan tahu tanpa harus bersusah payah mencarinya.
  3. Adanya kesepakatan.
  4. Memanfaatkan kekuatan informasi yang strategis.
  5. Nilai-nilai strategis apa yang mempengaruhi pelayanan jasa tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar