Jumat, 14 Februari 2014


Resume Perkuliahan Manajemen Pemasaran

Why Marketing Study?
·         Ada beberapa faktor yang berkontribusi dalam kesuksesan suatu bisnis ( Siapa pelanggan kita dan mempunyai komitmen ).
·         Harus berdedikasi dalam memahami dan memberi kepuasan kepada pelanggan.
·         Harus memotivasi kepada semua pegawai.

Apa itu  Marketing?
Marketing adalah proses sosial dan manajerial dalam suatu kelompok ataupun individu untuk mendapatkan kebutuhan dan keinginan.
     # Needs : Sesuatu yang benar-benar harus dipenuhi.
     # Wants : Pilihan yang dipengaruhi oleh budaya dan kepribadian.

Apa itu Product?
Product merupakan segala sesuatu yang bisa ditawarkan kepada pasar untuk diperhatikan, diperoleh, digunakan, atau dikonsumsi yang dapat memuaskan kebutuhan atau keinginan.
Products bisa berbentuk fisik, jasa, tempat, organisasi, orang dan ide.
·         Goods : Bisa dirasakan.
·         Services : Tidak bisa dirasakan.

Ada beberapa yang perlu diperhatikan dalam Manajemen Pemasaran
·         Nilai : Menjadikan anda bernilai dengan apa yang anda punya.
·         Kepuasan : Memuaskan diri sendiri dan orang lain.
·         Kualitas : Bisa dibandingkan dengan kualitas atau pun dengan nilai standar.
·         Pertukaran : Jika ingin mendapatkan sesuatu, jangan takut untuk memberikan sesuatu pula.
·         Transaksi : Sesuatu yang sampai dengan kesepakatan.
·         Hubungan/ Jaringan

Filosofi Manajemen Pemasaran
1.      Production Concept : Membuat produk sebanyak-banyaknya.
2.      Product Concept : Mengutamakan kualitas produk.
3.      Selling Concept : Sangat agresif dalam memasarkan produk.
4.      Marketing Concept : Lebih rinci dengan kualitas produknya.
5.      Societal Marketing : Tidak semata-mata menjual produk, tetapi juga memberikan manfaat kepada masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar